Mahasiswa Ini Ciptakan Robot Underwater, Begini Kemampuannya!

  • Whatsapp
Bagas saat melakukan demonstrasi ROV disalah satu kolom renang di Pekanbaru,Kamis (15/10/20).(rahmat zikri)

PEKANBARU – Ciptaan anak muda Indonesia berupa robot kembali bertambah. Anak baru di dunia teknologi robotika itu diberi nama Underwater (ROV) Remotely Operated Vehicle. Penciptanya bernama Bagas Prayoga Suswanto.

Sekilas, tak ada yang rumit dari penampakan robot yang multi fungsi tersebut. Pasalnya, sekilas terlihat untuk mengoperasikan ROV dibutuhkan daya listrik, ampli, laptop dan stik game.

Bacaan Lainnya

Bagas, begitu anak muda 22 tahun itu disapa. Ia adalah mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mekatronika Politeknik Caltek Riau (PCR). Ia berhasil merancang dan merakit robot yang memiliki berat lebih kurang 8 kilo itu dalam kurun waktu 7 bulan saja.

“Indonesia adalah negara maritim. Dengan perairan yang luas, ROV akan sangat bermanfaat bahkan menajdi solusi untuk melakukan observasi dan pemeliharaan lingkungan di perairan Indonesia,” katanya.

Kendati demikian, Bagas tidak menampik juga bahwa karya nya itu juga bisa bekerjasama dengan instansi pemerintah dalam fungsi yang berbeda.

“Saat ini bisa menyelam hingga kedalaman 5 meter dan jika dikembangkan bisa menyelam lebih dalam lagi,” kata Bagas.

Fasilitas yang dimiliki ROV tidak sampai disitu saja, saat berenang dan menyelam, ROV dilengkapi kamera dengan resolusi 1280 x 720 megapixel (HD).

Dalam demonstrasinya dihadapan awak mediam, ROV berhasil meyelami dasar di Kolam Renang Melur di Kota Pekanbaru berkali-kali.

Bahkan, seluruh penampkan di bawah air langsung bisa diamati dari layar laptop lengkap dengan tekanan air dan suhu di dalam air tersebut.

“Seharusnya project ini dikerjakan 2 orang atau berkelompok. Namun sejak menerima judul ini, saya tertantang menyelesaikan sendiri dan ROV inilah yang akan mengantarkan saya wisuda pada 5 November mendatang,” ungkapnya.

Bicara soal alasan ia merancang ROV, Bagas mengaku karena pada dasarnya ia menyadari Indonesia adalah negara maritim. Memiliki perairan yang banyak dan sangat luas. Untuk itu dibutuhkan satu alat untuk mempermuda melakukan observasi dan pemeliharaan lingkunga  tersebut.(mat)

Pos terkait