Begini Cara Aman Saat Belanja Online

  • Bagikan
Webinar Literasi Digital 2021.(ist)

AGAM – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali digelar di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat pada Kamis 18 November 2021.

Webinar yang dimulai pukul 09.00 WIB itu membahas tentang Aman Saat Belanja Online oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisi yang akan ikut berpartisipasi.

Teknologi dalam era digital harus disikapi dengan hati hati, karena selain dampak positif juga akan timbul dampak negatif.

Sugiyo, S.Sos., MM., menjelaskan di era digital seperti saat ini, hampir semua masyarakat Indonesia sangat tertarik sekali dengan namanya teknologi. Kecanggihan teknologi tersebut memang memberikan banyak kemudahan, terutama dalam aktifitas sehari-hari termasuk belanja online.

Kelebihan belanja online, meliputi praktis dan efisien, pilihan yang bervariasi, banyak promo dan diskon, serta sistem pembayaran lebih mudah. Kekurangan belanja online, antara lain bisa mengganggu manajemen keuangan, barang yang diterima tidak sesuai ekspetasi, cenderung membeli barang yang tidak diperlukan, serta rawan penipuan.

Cara aman saat belanja online, antara lain beli sesuai kebutuhan, pastikan online shop terpercaya, baca cermat syarat dan ketentuan, waspadai barang harga murah, baca deskripsi produk yang dibeli, pilih cara pembayaran aman, simpan bukti transaksi, serta pastikan keamanan perangkat.

Rozy Kosmadi, S.IKom., menjelaskan sebagai penguna media sosial yang bijak, harus bisa menggunakan dan memanfaatkan media sosial untuk tujuan yang sekiranya berdampak positif bagi diri sendiri dan orang lain, seperti jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang disebarkan, jaga etika dalam bermedia sosial, filter atau saring informasi yang akan dibagikan, jangan bagikan informasi atau data pribadi secara mudah di media sosial, serta media sosial sebagai sarana dalam mengekspresikan karya.

Eriko Utama, S,Si., menjelaskan artificial intellegency atau kecerdasan buatan, salah satunya industri retail. Apresiasi terhadap perkembangan AI bagi pribadi, meliputi keamanan digital, waspada dan hati-hati menjaga dan melindungi data pribadi, aktivitas online tidak terlepas dari AI yang berdampak pada jejak digital, serta pengenalan AI sangat penting untuk literasi digital.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Nelly Carey sebagai Infleuncer dan Vokalis yang memberikan sharing session, mengenai banyaknya platform belanja online terkadang membuat warganet menjadi pribadi yang lebih konsumtif. Hal yang harus dilakukan ialah mengubah perilaku konsumtif menjadi lebih produktif dengan membeli barang sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)

  • Bagikan