BBPOM Padang Amankan Ribuan Sarden Diduga Bercacing

oleh
Petugas BBPOM mengamankan ikan sarden kaleng diduga bercacing. (*)
PADANG – Petugas BBPOM Padang menemukan satu merek sarden yang diduga mengandung cacing. Sarden dengan merek hoki itu ditemukan petugas di tiga daerah, yakni Padang, Tanah Datar dan Payakumbuh.
Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri yang dihubungi Singgalang membenarkan temuan tersebut. Jumlah sarden Hoki yang diamankan sebanyak 2.235 kaleng.
“Barang bukti diamankan dari tiga sarana distribusi yang ada di Payakumbuh dan Tanah Datar,” kata Martin, Jumat (23/3)
Sedangkan di Padang petugas BBPOM baru menemukan satu kaleng sarden Hoki di salah satu supermarket. Selain sarden dengan merek Hoki, petugas juga mengambil sample sejumlah sarden merek lain, sebagai antisipasi berbagai kemungkinan.
“Ya, kami juga mengambil sampel selai dari produk yang telah ditemukan cacing di dalamnya. Produk-produk itu akan kami uji,” sebutnya.
Sarden yang didalam kemasannya berisi cacing terdiri dari tiga merek, yakni Farmer Jack, IO dan Sarden kaleng Hoki. Sarden berisi cacing ini awalnya ditemukan warga  di Indragiri Hilir (Inhil), pada Rabu pekan lalu. Kemudian juga ditemukan warga Kepulauan Meranti sehari kemudian.
Ditemukannya, cacing dalam sarden dengan tiga merek di atas, diduga karena pengolahan produk makanan industri itu tidak higienis. Cacing bisa muncul akibat kerusakan kemasan kaleng, yang kemudian membuat kualitas penyimpanan ikan tak lagi bagus.  (yuke)
Loading...