Agam  

Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Gelar Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa Pemilu 2024

AGAM—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat evaluasi penyelesaian sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di Balcone Hotel dan Resort Tilatang Kamang Agam, Rabu (19/6/2024).

Rapat evaluasi dalam penyelesaian sengketa proses Pemilu 2024 itu dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Alni, SH,M.Kn dihadiri jajaran Bawalu Provinsi Sumatera Barat dan Bawaslu Kabupaten /Kota se Sumatera Barat.

Pada pembukaan rapat evaluasi itu, Alni, DH, M,Kn menekankan, pentingnya tugas Bawaslu Kabupaten/Kota dalam melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu serta menyelesaikan sengketa proses di wilayahnya masing-masing.

“Dengan itu, apakah kita sudah melakukan pencegahan? Mari kita review tugas-tugas pengawasan seluruh tahapan pemilu 2024 yang telah kita dilakukan,” ungkap Alni.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul di setiap tahapan dan melakukan evaluasi kinerja pengawasan. Alni juga menyoroti bahwa pentingnya mempersiapkan diri untuk menghadapi tahapan pilkada 2024 dengan menghindari terulangnya permasalahan yang sama.

Ditambahkan, bahwa seluruh tindakan harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan tidak boleh bekerja diluar ketentuan yang ada. Jika terdapat permasalahan, silahkan berkoordinasi secara berjenjang, tegasnya.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kordiv Pencegahan, Kepala Sub Bagian Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, dan Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota beserta jajaran serta pihak eksternal seperti ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitriamen,S.Pt,MH sekaligus sebagai narasumber pada rapat evaluasi penyelesaian sengketa proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, acara tersebut berlangsung selama satu hari.

Sebelumnya, Muhammad Khadafi,S.Kom dan Vifner,SH,MH Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Barat turut mmberikan sambutan pada acara rapat evaluasi penyelesaian sengketa proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tersebut antara lain menjelaskan, rapat evaluasi ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dalam meningkatkan kualitas pengawasan Pemilu dan menyiapkan diri untuk menghadapi tahapan Pilkada 2024.

Pengawasan Pemuli yang dilakukan Bawaslu tidak terlepas melalui koordinasi serta komunikasi yang baik dengan semua pihak, terutama mengambil tindakan dalam pencegahan, karena pencegahan sangat perlu dilakukan melalui penyelesaian sengketa proses Pemilu, ujar Muhammad Khadafi. (Kasnadi)