Bawaslu Dharmasraya Sosialisasikan Hasil Pengawasan Pilkada

  • Whatsapp
Pasca pilkada Komisioner Bawaslu, Laila Husni, berikan pemahaman tentang tugas Bawaslu. (Fery Piliang)

PULAU PUNJUNG – Badan pengawas pemilu  (Bawaslu) Dharmasraya menggelar sosialisasi hasil pengawasan pemilu dengan masyarakat pada pemihan kepala daerah 9 Desember 2020 lalu, Jumat (26/2/2021).

Dari informasi yang dihimpun topsatu.com. kegiatan sosialisasi ini, bertempat di aula Hotel Umega Group , Nagari Gunung Medan, Dharmasraya.  Dalam acara ini dihadiri  Komisioner Bawaslu  Laila  Husni  dan dihadiri PWI, KNPI, Pemuda  Muhammadiyah, NU,  GP Ansor dan Banser.

Read More

Dalam kesempatan itu Laila Husni mennjelaskan, kegiatan sosialisasi  bertujuan  untuk mengevaluasi  kekurangan kinerja Bawaslu pasca pemilihan kepala daerah.

Kedepannya jika ada kekurangan dan kinerja Bawaslu selama pilkada, tentu diperbaiki bersama. Karena selain Bawaslu, Ormas penting dalam memberikan informasi terkait dengan adanya dugaan  pelanggaran yang dilakukan oleh masing masing tim dari  pasangan calon.

Sosialisasi ini, merupakan salah satu  bagian dari evaluasi kerja Bawaslu selama proses pilkada 2020. Sebagai salah satu penyelenggara di bidang pengawasan dalam pilkada. Pihaknya  juga tak menapik, selama proses dan tahapan pilkada, selaku lembaga yang ditunjuk oleh negara  tentu ada yang perlu dibenahi, agar pemilu kedepan menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

Ditambahkannya,  peran Bawaslu terhadap pelanggaran yakni menerima dan mengumpulkan data hasil temuan dan laporan masyarakat. Sementara data dugaan pelanggaran itu akan dikaji dan  diproses sesuai dengan syarat formil dan syarat materil. Dari ke dua syarat tersebut akan menentukan jenis pelanggaran yakni pidana  atau  administrasi. Dua jenis pelanggaran ini akan diputuskan usai dikaji datanya oleh tim Sentragakkumdu (Bawaslu, Kepolisian, Kejaksaan). (Fery)

Related posts