Batu Malin Kundang “Disulap” Jadi Rancak

oleh
Maket kawasan Batu Malin Kundang yang akan dikerjakan Kementerian PUPR tahun depan. Kawasan ini akan terlihat rancak nantinya.(Charlie Ch. Legi)

PADANG – Pemerintah Kota Padang terus menata kawasan wisata di daerahnya. Hal ini bertujuan untuk menjadikan Padang sebagai daerah tujuan wisata. Termasuk memperkuat predikat Padang sebagai destinasi wisata halal dunia.

Sejak tiga tahun belakangan ini Pemko Padang memang tengah bergiat menciptakan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang. KWT Gunung Padang merupakan perpaduan tiga lokasi atau objek wisata yang saling berdekatan. Yakni, Pantai Padang, Gunung Padang, serta Pantai Aie Manih yang dikenal dengan legenda Batu Malin Kundang.

KWT Gunung Padang yang didengungkan pemerintah setempat semakin terlihat nyata. Setelah menata Pantai Padang, Pemko Padang kemudian mengarahkan bidikannya di kawasan Gunung Padang. Kawasan Gunung Padang pun ditata sedemikian rupa. Terakhir,  Pantai Aie Manih menjadi tujuan akhir dari penyempurnaan KWT Gunung Padang.

Pantai Aie Manih sebenarnya lokasi wisata potensial. Sayangnya, semua itu tidak begitu didukung dengan baik oleh masyarakat setempat. Di saat Pemko Padang membenahi kawasan ini, di saat itu pula oknum masyarakat melakukan pungutan liar sehingga membuat wisatawan enggan datang ke kawasan wisata itu.

Loading...