Batik Tulis Salingka Tabek Kian Berkembang

oleh -263 views
Batik Tulis Salingka Tabek, Koto Baru, Kecamatan Kubung dikunjungi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal. Kamis (31/1). (Waitlem)

 

SOLOK – Batik Tulis Salingka Tabek, Koto Baru, Kecamatan Kubung kian berkembang dan diminati banyak pelanggan. Hal ini menarik perhatian Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal. Kamis (31/1) mengunjungi UKM yang dikelola oleh Yusrizal dan Iswara ini.

“Semoga Batik Tulis Salingka Tabek ini semakin berkembang,” ujar Ny. Desnadevi Gusmal.

Kedatangan Ny. Desnadevi Gusmal didampingi oleh Sekretaris Dinas Koperindag dan UKM, Yulidasmar, Kabid Perdagangan Zulfayanti, Kasi Perdagangan Erfitasari, Kabid UKM Dia Relawati, Kasi UKM Suriyah, Sekretaris PPK Kubung Nindi Srikurnia, Wali Nagari Koto Baru yang diwaklili oleh Sri Mulyani dan Kepala Jorong Bawah Duku Desfiyandra.

Yusrizal dan Iswara, menjelaskan tentang proses pembuatan batik tulis ini. Mulai dari penyiapan bahan baku, pengolahan hingga memberi motif dan warna. Selain Yusrizal dan Iswara, kini Batik Tulis Salingka Tabek mulai menyerap tenaga kerja yang berasal dari warga sekitar Sawah Parik bawah Duku Koto Baru.

“Tenaga kerjanya merupakan pemuda dan ibu rumah tangga,” ujar Yusrizal.

Pekerja di usaha batik tulis ini, jelas Yusrizal, memiliki peran yang berbeda-beda. Ada yang bertugas menggambar, melukis dan mewarnai, serta tugas lainnya. Jumlah mereka ada 11 orang.

“Kami mengembangkan beragam motif saat ini,” jelas Yusrizal.

Selain memproduksi batik motif khas nuansa alam Koto Baru Solok, jelas Yusrizal dan Iswara, kini juga dikembangkan Batik Tanah Liek khas Koto Baru. Produk batik Salingka Tabek ini selain dipasarkan di sekitar Solok, juga mulai dipasarkan ke luar daerah. Ini tidak terlepas dari promosi yang dilakukan, baik melalui pameran maupun melalui media sosial. (waitlem)

Loading...