Athari Gauthi Ardi Salurkan Dana Rp3,4 Miliar untuk Petani Dharmasraya

  • Whatsapp
Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi

PULAU PUNJUNG – Kepedulian anggota Komisi V DPR- RI, Athari Gauthi Ardi terhadap petani di Dharmasraya patut diapresiasi. Dimana politisi dari Partai Amanat Nasional ( PAN) ini mengarahkan anggaran Rp 3,4 miliar untuk para petani di Dharmasraya melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3TGAI ).

Wakil Sekjen PAN ini mendorong P3TGAI untuk membantu masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 yang berdampak cukup signifikan terhadap kehidupan. P3TGAI adalah program padat karya yang dikelola langsung oleh masyarakat secara swadaya yang berdampak langsung terhadap bertambahnya penghasilan masyarakat kecil khususnya petani, disamping itu juga membuka lapangan kerja baru.

Bacaan Lainnya

Di Dharmasraya ada 17 paket untuk 17 lokasi yang menjadi sasaran P3TGAI yang diusulkan Athari Gauthi Ardi kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR). Semuanya berbasis Program Padat Karya Tunai (PKT) yang pengerjaannya langsung dilakukan para kelompok tani yakni berupa proyek pembangunan saluran irigasi tersier.

Proyek ini dianggarkan Rp 200 juta juta per lokasi. Pendanaannya langsung disalurkan ke rekening kelompok tani yang sudah ditetapkan dalam P3TGAI, yang sebelumnya sudah diusulkan oleh Sekretaris DPD PAN Dharmasraya periode 2015-2020, Alizar Can.

“Dharmasraya mendapat anggaran Rp3,4 miliar untuk 17 lokasi. Anggaran tersebut dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama tahun 2020 untuk 7 lokasi, dan tahun 2021 untuk 10 lokasi. Masing masing lokasi dianggarkan senilai Rp200 juta,” ungkap anggota DPRD Dharmasraya Periode 2004-2009 ini kepada Topsatu.com, Minggu (2/5).

Lanjut Alizar Can, P3TGAI merupakan pekerjaan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau penduduk setempat dengan cara diberikan upah. Sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk nagari terutama di antara dua musim tanam dan panen.

“Ini adalah salah satu komitmen Athari Gauthi Ardi dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah Dharmasraya. Dalam hal ini anggota fraksi PAN DPR RI tersebut berkejasama dengan Meteri PUPR dan Balai Besar Wilayah Sungai (BWS) V Sumbar,” pungkasnya.

Terpisah Ketua Kelompok P3A Nagari Sikabau, Efendi, dan Ketua Kelompok P3A, Simalidu Berkah, Purwanto mengucapkan banyak terimakasih kepada Athari Gauthi Ardi yang telah mendorong P3TGAI ke Dharmasraya. Sehingga bantuan yang diberikan tidak hanya membantu perekonomian masyarakat petani namun juga meningkatkan kinerja pada sektor irigasi.

” Program padat karya tunai ini cukup membantu meningkatkan ekonomi petani dan menyerap tenaga kerja. Saluran irigasi yang dibangun pun sangat bermanfaat bagi para petani. Kami berharap program ini terus berlanjut pada tahun tahun berikutnya,” pungkasnya. ( roni )

Pos terkait