Agam  

Asosiasi Pokdarwis Se Agam Komit Majukan Pariwisata

 

LUBUK BASUNG.

Asosiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Agam mengadakan pertemuan dengan ketua-ketua 50 Kelompok Pokdarwis Kabupaten Agam, Sabtu (15/10) di Aula Pemandian Sikabu, Ampek Koto.

Haji Jakfar Koto, Ketua Assosiasi Pokdarwis Kabupaten Agam mengatakan pertemuan ini salah satu upaya menyatukan pendapat dan visi agar sektor kepriwisataan yang digerakan kelompok sadar wisata di tingkat nagari dapat tercapai sesuai tujuan dan harapan.

“Kita sudah cukup paham dan mengerti dari segala persoalan yang dilalui kelompok penggerak pariwisata tingkat nagari ini. Agar bisa menyatukan pendapat dan komitmen, harus dilakukan pertemuan sebagai wujud menyatukan visi dan misi kedepan. Tentunya sebagai upaya menuntaskan satu-persatu permasalahan yang terjadi,” ungkapnya kepada media

Ia melanjutkan, hampir setiap hari melakukan komunikasi secara langsung, maupun langsung ke masing-masing nagari. Baik diundang maupun kunjungan silahturahmi ke sejumlah pokdarwis aktif bergerak saat ini.

“Dari keluhan dan kendala, kebanyakan kurangnya perhatian serius dari pemerintah nagari atau minimnya sumber daya manusia dari kelompok itu sendiri. Daya gerak untuk berkolaborasi, kerjasama melalui jaringan relasi yang luas. Itu bisa dapat dilakukan ketika Tim Work dari kelompok itu memiliki kualitas daya saing dan kompetitif secara individu dan pengalaman yang baik berorganisasi maupun dunia industri pariwisata,” tururnya.