Api Bakar Tujuh Bangunan di Gunuang Pangilun

Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api di Gunuang Pangilun. (arief)

PADANG – Tujuh bangunan yang terdiri dari tiga unit rumah dan empat toko di Jalan Gajah Mada, Gunung Pengilun, Kecamatan Nanggalo, Padang, hangus dilahap si jago merah, Minggu siang (18/3) pukul 14.00 WIB. Selain bangunan, uang tunai Rp50 juta juga nyaris jadi arang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta. Kebakaran sempat membuat panik masyarakat yang berada di sekitar kejadian karena lokasi yang padat penduduk dan persis di pinggir jalan raya.

Pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Nanggalo terpaksa harus menutup akses jalan Gajah Mada dari utara maupun selatan. Sementara, petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Padang dibantu masyarakat sekitar berupaya memadamkan api.

“Kita mendapat informasi kebakaran langsung mengerahkan mobil armada pemadam kebakaran. Awalnya dua unit, namun api yang kian membesar kita menambah armada, setidaknya ada tujuh mobil pemadam kita turunkan,” terang Kabid Operasional Damkar Kota Padang, Basril, di lokasi kejadian.

Dikatakannya, untuk asal api diduga sementara berawal dari rumah di bagian tengah kemudian menjalar ke sisi kanan, kiri dan belakangan yang terdapat bangunan lain. Setidaknya, ada tujuh bangunan habis terbakar.

“Tiga rumah dan empat toko yang terbakar. Untuk proses pemadaman semua personil kita kerahkan baik yang berada di pos, lebih kurang 50 orang,” ucapnya.

Basril mengungkapkan, api dapat dipadamkan dua jam kemudian dibantu oleh masyarakat dan pihak kepolisian. Untuk sumber api, tambahnya, belum bisa dipastikan dan pihaknya sepenuhnya diserahkan oleh pihak kepolisian untuk penyelidikan.

Salah seorang korban bernama Linda (52) mengungkapkan, dirinya saat itu sedang keluar untuk makan dan toko grosir miliknya dalam keadaan terkunci. Namun, usai kembali, api sudah leluasa membakar toko miliknya. (arief/givo)

Loading...