Antisipasi Masalah Penghitungan Suara, KPU Pasaman Simulasi e-Rekapitulasi

  • Whatsapp

Panti – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman melaksanakan simulasi e-rekapitulasi (Sirekap) menggunakan aplikasi e-rekap secara Nasional di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panti, Rabu (25/11)

“Kegiatan ini dilaksanakan tiga hari ke depan, untuk Kabupaten Pasaman percontohannya dipilih Kecamatan Panti dan Kecamatan Lubuk Sikaping,” ungkap komisioner KPU Pasaman divisi teknis, Juli Yusran.

Diterangkan Juli, simulasi Sirekap secara Nasional, setiap kabupaten dan kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 diwajibkan menentukan dua kecamatan di dua nagari dan tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk simulasi e-rekapitulasi.

“Kami memilih Panti lantaran kualitas sinyal internet tergolong sedang kadang bagus, kadang jelek, sedangkan Lubuk Sikaping kami memilih kecamatan ini karena memiliki sinyal yang lebih baik,” kata Juli.

Melalui simulasi e-rekapitulasi ini, diharapkan dapat mendata potensi-potensi masalah yang terjadi pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan sehingga KPU segera menyiapkan langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut. (Hendra)

Pos terkait