Anggota IPEMI Padang Terima Santunan BPJSTK Ratusan Juta

  • Whatsapp
Kepala BPJS Ketenakerjaan Cabang Padang, menyerahkan santunaan Jaminan Kematian untuk anggota IPEMI Padang ahli waris peserta BPJamsostek, yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. yuke

PADANG-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Cabang Padang kembali mensosialisasikan program mereka ke masyarakat. Kali ini masyarakat yang disasar adalah pengurus dan anggota Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kota Padang.

Dalam sosialisasi itu salah seorang anggota IPEMI menerima santunan Jaminan Kematian akibat kecelakaan kerja dengan nilai lebih dari Rp500 juta. Santunan itu secara simbolis diterima oleh perwakilan anggota IPEMI Padang.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Yuniman Lubis dalam sambutannya mengatakan banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat ketika mereka terdaftar sebagai peserta BPJSTK atau kini dikenal dengan BPJamsostek.

“Ada empat jaminan yang akan didapat masyarakat ketika mereka terdaftar sebagai peserta BPJSTK,” kata Yuniman Lubis, saat pembukaan sosialisasi yang berlangsung Senin (5/4) di salah satu hotel berbintang di Padang.

Disebutkannya empat program tersebut adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT). Sedangkan jaminan ke empat adalah Jaminan Pensiun (JP).

“Jaminan pensiun ini untuk mereka yang bekerja sebagai penerima upah atau karyawan swasta. Jadi sekarang karyawan swasta yang didaftarkan perusahaan juga bisa menikmati jaminan pensiun sama seperti ASN,” terang Yuniman Lubis.

Jaminan pensiun itu katanya ada ketika lahirnya UU Sistem Jaminan Sosial tahun 2015. Dimana peserta akan menerima uang pensiunan sama seperti pegawai negeri sipil.

“Manfaat lainnya yang diterima peserta ketika mereka mengalami kecelakaan kerja, peserta akan dirawat sampai sembuh dengan biaya tanpa batas. Ini sudah dirasakan peserta kami yang mengalami kecelakaan kerja di Riau. Bertahun-tahun dirawat hingga kini nilai biaya pengobatannya miliaran rupiah, tapi tetap ditanggung BPJamsostek,” terang dia.

Sementara Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumbar, Lisda Hendrajoni mengatakan program BPJamsostek sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ketika terjadi hal yang tak diharapkan ada jaminan yang didapat pesertanya.

“Hari ini sosialisasi untuk anggota kami, insyaallah mereka akan ikut program pemerintah ini. Sebab progam ini sangat bagus dan harus terus disosialisasikan ke masyarakat luas,” ujar Lisda yang juga anggota DPR RI tersebut.

Dikatakannya dengan adanya jaminan bagi pekerja akan memberi perlindungan bagi pekerja selama melakukan aktivitas kerjanya.

Sementara, sosialisasi manfaat BPJamsostek untuk anggota IPEMI Kota Padang tersebut diikuti puluhan orang dari pagi hingga sore. 107

Pos terkait