Anggaran Terbatas, tak Banyak Sungai di Solok Selatan Dinormalisasi

oleh -307 views
Alvino Sendra. (*)

PADANG ARO – Sejumlah sungai di Solok Selatan akan dinormalisasi tahun ini. Anggaran untuk itu, sudah dipersiapkan Rp3 miliar lebih dari APBD Solok Selatan.

Kabid PSDA PUPR Solok Selatan, Alvino Sendra, mengungkapkan bahwa di tahun 2019 ini, angaran yang disediakan untuk normalisasi sungai, tidak begitu besar. Akibatnya, dari sejumlah sungai yang diusulkan untuk dilakukan normalisasi, hanya sebagian yang bakal terealisasi.

“Hanya beberapa sungai yang bisa dinormalisasi tahun ini, karena keterbatasan anggaran,” katanya, Senin (14/1/2019) di ruang kerjanya.

Disebutkan Alvino, untuk normalisasi dilakukan untuk Batang bulantiak, Kecamatan Pauah Duo. Muaro Batang Sipotu, Kecamatan Sungai Pagu. Sungai Batang Jilatang, Kecamatan KPGD dan Sungai Sapan Aia Angek, Kecamatan KPGD.

“Kemudian ada perkuatan tebing sungai sebanyak 29 paket pekerjaan,” sebutnya. Jumlah anggaran tersedia, sekitar Rp3 miliar lebih.

Meski dengan anggaran minim seperti itu, Alvino akan berupaya mengoptimalkan manfaat dari pekerjaan tersebut.

“Kita mengharapkan, normalisasi yang akan dilakukan itu bisa mengantisipasi banjir dan memperkokoh sempadan sungai. Sehingga resiko untuk masyarakat bisa diminimalisir,” katanya. (rifki)

 

Loading...