Alek Pacu Kudo Digelar di Bukik Gombak Tanah Datar

Bupati Eka Putra dan jajaran bersama Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi. Sutrisno di lapangan Dang Tuanku. (ist)
BATUSANGKAR – Setelah terhenti dua tahun akibat pandemi, alek pacu kudo open race dan tradisional bakal digelar kembali di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak pada 16 -17 Oktober 2022 besok.
Untuk ini, Bupati Eka Putra memastikan semua berjalan sesuai rencana, seperti lintasan pacu, akses jalan dan juga penempatan lapak pedagang yang akan berjualan di sekitar lapangan.
“Hari ini, saya cukup bangga, karena sejauh ini semua berjalan lancar. Kita lihat persiapannya juga sudah selesai. Tinggal pelaksanaannya nanti. Semoga tidak ada permasalahan sama sekali,” ujar Bupati Eka Putra bersama Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi. Sutrisno saat meninjau rangkaian persiapan di lapangan Dang Tuanku Bikit Gombak.
Terkait akses jalan, dan arus lalu lintas yang padat, Bupati meminta pada petugas saat hari H arus lalu lintas diatur sedemikian rupa sehingga tidak semrawut dan terjadi kemacetan yang bisa mengganggu kenyamanan penonton.
“Saya minta nanti jalan diatur satu arah saja biar tertib dan tak macet, begitu juga dengan lokasi parkirnya juga harus tertib. Ini merupakan pesta rakyat, dan kita harus berikan yang terbaik untuk masyarakat,” ungkapnya.
Ia harapkan agar semua berjalan sukses dan meriah tanpa adanya permasalahan sedikit pun.
Sementara, Dandim 0307 Letkol. CZI Sutrisno selaku ketua pelaksana alek pacu kuda menambahkan, peninjauan dilakukan selain mengecek kesiapan lapangan juga ingin memastikan sarana ibadah dan sanitasi yang disediakan panitia.
“Jangan sampai nantinya kegiatan ibadah tidak terlaksana akibat hiruk pikuknya hiburan ini. Pesta meriah namun ibadah juga tidak boleh ditinggalkan,” tambah Dandim. (ydi)