Akses Jalan Sikumbang Koto Tuo Putus, Kendaraan Dialihkan Kejalur Lain

  • Whatsapp

LUBUK BASUANG – Badan jalan yang menghubungkan Jorong Sungai Angek-Koto Tuo Nagari Simarasok Kecamatan Baso, Kabupaten Agam terban, Kamis (13/8). Akibatnya, akses jalan di Sikumbang Koto Tuo putus total.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Baso, Muhammad Noviardi Ismail menjelaskan, terbannya badan jalan menghubungkan kedua jorong tersebut, disebabkan hujan lebat mengguyur daerah itu semenjak Rabu malam sampai Kamis (13/8) menyebabkan ruas jalan Sikumbang, Jorong Koto Tuo, Nagari Simarasok itu terban sepanjang 20 meter.

Sehingga jalan yang menghubungkan kedua jorong itu mengalami putus total.

Akibat bencana alam merusak akses jalan Jorong Koto Tuo ke Jorong Sungai Angek terputus, dan tidak bisa dilalui, pihak pemrrintah nagari telah melaporkan kejadian tersebut ke tingkat Kabupaten melalui Camat Baso, kata Muhammad Noviardi Ismail.

Pantauan TopSatu.com dilapangan, kondisi badan jalan di Sikumbang Jorong Koto Tuo itu terdapat beberapa titik rawan longsor, karena bahu jalan berada pada jurang arus Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Agam.

Mhd. Nurzen Wali Nagari Simarasok saat dikonfirmasi menyebutkan, bahwa untuk proses penanganan secara darurat tengah diupayakan pemerintahan nagari bersama jajaran di tingkat kecamatan, terutama membuat portal dan himbauan kepada masyarakat agar tidak melewati jalur tersebut akibat longsor.

Sementara untuk jalur transportasi bagi masyarakat yang menghubungkan ke dua jorong tersebut yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua terpaksa dialihkan ke jalur lain melewati simpang Ujuang Guguak, terang Mhd. Nurzen.(Kasnadi.NP)

  • Whatsapp

Pos terkait