Akmal Nasery Basral Luncurkan Karya Terbaru di IIBF 2022

JAKARTA – Sastrawan Akmal Nasery Basral meluncurkan buku terbaru di ajang IIBF (Indonesia International Book Fair) yang berlangsung pekan ini, 9-13 November 2022, di Jakarta Convention Center.

Penerima Penghargaan National Writer’s Award 2021 dari Perkumpulan Penulis Nasional SATUPENA tersebut akan merilis biografi berjudul DEGAN SEPTOADJI SEBUAH PERJALANAN KULINER: Behind The Chef (Republika Penerbit).

Jadwal peluncuran pada hari terakhir IIBF, 13 November, pukul 10.30-12.00 WIB di Panggung Utama JCC.

Peluncuran ini merupakan hattrick bagi Akmal di ajang IIBF setelah karya-karya sebelumnya Gitasmara Semesta: Dilarang Bercanda dengan Kenangan 2 (IIBF 2020) dan Kincir Waktu 1 (IIBF 2021) yang mendapat respon positif dari publik.

Penulisan biografi bermula dari kegelisahan Chef Degan, mantan juri MasterChef Indonesia musim kedua dan ketiga (2012-2013) serta Junior MasterChef Indonesia musim pertama (2014), melihat profesi chef yang sering salah dipersepsi di tanah air.

“Seakan-akan dengan bisa membuat 1-2 masakan atau ikut les masak, seseorang bisa disebut chef dan hidup glamor seperti rock star,” ujar pria kelahiran Jakarta yang menghabiskan masa kanak-kanak dan remaja selama 14 tahun di Jerman sebelum kembali ke tanah air di akhir tahun 80-an.

“Gelar chef itu paralel dengan jenderal di dunia militer. Banyak jenjang harus dilalui sebelum sampai ke sana, banyak ujian dan pengorbanannya,” lanjutnya.