Akibat Curah Hujan Tinggi Badan Jalan Simarasok Amblas

oleh
Akibat tingginya curah hujan , Selasa (23/10) yang mengguyur Kabupaten Agam, jalan yang menghubungkan Sungai Cubadak dengan Kampeh amblas. Pemerintah Kecamatan Baso bersama Kapolsek, Danramil dan waega lainnya sudah berada di lokasi untuk melakukan tindakan pengamanan. (maswir chaniago).

 

BASO-Pasca hujan yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Agam Agam mengakibatkan jalan amblas di Jorong Simarasok, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Selasa (23/10) pukul 15.40 WIB.

Dampak dari jalan yang amblas mengakibatkan sulitnya akses jalan dilewati kendaraan roda 4, karena tanah di bawah aspal sudah tergerus oleh air.

Jalan amblas tersebut merupakan penghubung antara Sungai Cubadak – Kampeh sepanjang 20 meter, lebar 5 meter. Dan ketinggian dari jurang sekitar 20 meter. Jalur alternatif jika mau ke Kampeh maka harus melewati jalan Cubadak.

Demikian disampaikan Camat Baso, Surya Wendri kepada Singgalang di lokasi, Selasa (23/10).

“Selain amblasnya badan jalan, akibat curah hujan yang tinggi juga mengakibatkan banjir yang menggenangi rumah warga setinggi 50 sentimeter. Sekarang masyarakat sudah memperbaiki aliran banda yang berada di depan rumah warga,”katanya.

Banjir menggenangi dua rumah milik warga atas nama Weli Husni dan Yulizar. Sawah yang berada di belakang rumahnya juga hilang digenangi banjir.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Agam melalui Pusdalops, Lukman menambahkan, upaya yang dilakukan
BPBD saat ini berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan dan nagari untuk melakukan pendataan dan meminta memberi rambu-rambu jalan supaya pengendara kendaraan roda 4 dan roda 6 tidak melewati jalur tersebut untuk menghindari amblasnya bahu jalan. (Maswir/510).

 

Loading...