75 Persen Penduduk Sumbar di Usia Produktif

oleh -563 views
Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan pemaparan pada rakor kabupaten/kota dengan Pemprov Sumbar, Senin (19/8).ist

PADANG – Sumatera Barat kini diperkirakan memiliki 75 persen penduduknya berada di usia produktir. Untuk itu pemerintah kabupaten/kota harus mengetahui penduduk usia produktif ini sudah bekerja atau pengangguran.

Demikian ditegaskan Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan pemaparan saat rapat koordinasi antara Pemprov Sumbar dan Kabupaten/kota di Hotel Pangeran Beach, Senin (19/8).

Menurutnya, usia produktif adalah rentang umur 15 tahun sampai 64 tahun. Mestinya penduduk di usia tersebut memiliki pekerjaan atau usaha sendiri. Dengan itu maka akan menjadikan income perkapita Sumbar meningkat.

Lebih lanjut katanya, di usia yang produktif ini jangan sampai tidak termanfaatkan, karena itu bisa menjadi peluang. Maka, perlu memberikan peluang bagi mereka yang berada di usia produktif dengan membekalinya kemapuan SDM.

“Perlu mereka diprogramkan pelatihan pengembangan potensi yang ada pada dirinya sehingga mereka memiliki keahlian atau kemampuan,” katanya.

Selain itu, mengarahkan mereka tetap memiliki peluang kerja yang tinggi di daerahnya. Mengarahkan mereka dari produktif menjadi profesional dalam SDM.

“Saya minta Bupati dan Walikota mendata, apakah mereka diusia produktif itu sudah bekerja atau belum. Jika belum dinas terkait mesti melakukan pemeberdayaan dan salurkan peluang kompetensi kerja agar mereka dapat berkembang dan bersaing dari segi SDM,” pungkasnya.(yose)

Loading...