43 Pendamping Desa Ikuti Pembekalan

  • Whatsapp
Walikota Pariaman Genius Umar menyerahkan tenaga pendamping Desa Berdikari kepada koordinator Priyaldi. (agus)

PARIAMAN – Sebanyak 43 pendamping desa berdikari mengikuti pembekalan. Pembekalan dilakakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD) Kota Pariaman, Kamis (9/7) di Aula Balaikota setempat.

Kepala DPMD Kota Pariaman, Efendi Jamal mengatakan bahwa tenaga pendamping Desa Berdikari ini berasal dari lulusan Perguruan tinggi dengan bermacam disiplin ilmu. Dari jumlah tersebut, pendamping Desa Berdikari punya koordinator satu orang .

Pembekalan yang dilakukan satu hari penuh ini gunanya memberitahukan tentang tugas, pokok dan fungsinya di Desa nanti.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan tenaga pendamping Desa Berdikari ini memiliki tugas membantu Pemerintah Desa, terutama menggali potensi Desa tersebut. Karena banyak potensi Desa yang belum tergali secara maksimal, seperti disektor wisata, pertanian, UMKM dan lainnya.

Tenaga pendamping Desa berdikari adalah lulusan Perguruan tinggi. Dengan ilmu yang di dapat selama di perguruan tinggi tersebut bisa diaplikasikan di Desa tempat mengabdi dengan cara bekerjasama dengan Kepala Desa.

Disebutkannya, Tenaga pendamping Desa Berdikari, terlebih dahulu harus paham dengan situasi dan kondisi serta potensi yang dimiliki Desa tersebut. Apabila telah paham tentang potensi yang dimiliki Desa tersebut, sampaikan kepada Kepala Desa bagaimana melakukannya.

Selanjutnya, dengan hadirnya Tenaga pendamping Desa Berdikari bisa membantu Kepala Desa dalam hal administrasi pemerintahan, mengali potensi Desa yang ujung ujungnya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat. (agus)

Pos terkait