30 Kios di Pasar Kampuang Galapuang Terbakar

oleh -295 views
Pasar Kampuang Galapuang, Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, terbakar. (Ist)

PARIK MALINTANG – Lagi-lagi kebakaran. Si jago merah mengamuk menjelang subuh di Pasar Kampuang Galapuang, Kecamatan Ulakan Tapakih, Padang Pariaman dan, puluhan kios ludes jadi abu.

Peristiwa yang cukup memiluhkan itu terjadi Rabu (14/8) dini hari, sekitar pukul 03.15 Wib. Menurut warga setempat, api begitu cepat menjalari kios-kios bangunan semi permanen tersebut.  Belum diketahui penyebab kebakaran. Namun, menurut dugaan sementara akibat arus pendek.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran terlihat membantu upaya pemadaman. Selain mobil Damkar yang ada di Padang Pariaman, juga tampak dari Kota Pariaman, Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang.

Berkat kesigapan petugas, api berhasil dijinakan sekitar satu jam kemudian. “Sebenarnya bisa lebih cepat, kalau kunci dari kios-kios yang terbakar, bisa dibuka,” ujar Edison.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Padang Pariaman itu mengatakan, ada 30 kios yang terbakar. Terdiri dari kios-kios pakaian, barang-barang kebutuhan harian dan toko emas. “Kerugian diperkirakan mencapai miliar rupiah,” ujarnya.

Menurut Edison, kebakaran Pasar Kampuang Galapuang adalah peristiwa kebakaran yang kesekian kalinya di Padang Pariaman untuk tahun ini. Peristiewa terbesar terjadi di Pasar Lubuak Aluang. (darmansyah)

 

Loading...