2020 Ujian Nasional di Mentawai Sudah Berbasis Komputer

oleh -252 views
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat peninjauan UNBK di salah satu SMK Negeri di Padang, Senin (25/3).

PADANG-Pelaksanaan Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan berlangsung lancar, Senin (25/3). Kondisi itu terlihat dari tiga pantauan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit pada SMKN 1 Padang, SMKN 5 Padang dan SMKN 9 Padang.

Kelancaran, terlihat dari perangkat yang digunakan siswa berfungsi baik. Jaringan internet juga lancar, termasuk suplai arus listrik. Tidak terjadi pemadaman.

“Alhamdulilah, anak-anak dapat mengikuti ujian dengan tenang dan lancar,”sebtunya.

Selain itu, terlihat kehadiran siswa 100 persen. Dengan itu, diharapkan siswa dapat meraih hasil yang baik. “Untuk itu kita harapkan siswa mendapatkan hasil yang terbaik untuk kelulusan tahun 2019,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman mengatakan dari 19 Kabupaten dan Kota di Sumatra Barat (Sumbar), hanya 18 daerah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 tingkat SMK, satu daerah yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai masih terkendala  jaringan dan listrik sehingga belum dapat melaksanakan UNBK.

“Kita masih terkendala di Kabupaten Kepulauan Mentawai soal infrastruktur jaringan dan listrik. Kita targetkan tahun 2020 Kabupaten Kepulauan Mentawai telah UNBK, apalagi saat ini jaringan optik bawah laut tengah dibangun oleh Telkom dari Padang menuju Mentawai. Saat ini peserta ujian disana masih menggunakan kertas dan pensil (UNKP),” ujarnya.

Disebutkannya, tiga sekolah ini terletak di dua pulau yakni Sipora dan Pagai Utara. Dengan jumlah peserta ujian di Mentawai sebanyak 110 orang.

“Sedangkan untuk keseluruhan jumlah seluruh peserta UNBK SMK tahun ini di Sumbar sebanyak 26.820 orang. Terdiri dari 107 SMK Negeri dan 97 SMK Swasta,” ungkapnya.

Pelaksanaan UNBK SMK ini terlaksana dari 25 Maret hingga 28 Maret 2019.Kemudian dilanjutkan UN tingkat SMA/MA sederajat pada 1,2,4,8 April 2019. 104/107

Loading...