Agam  

2019, Pencari Kerja di Agam Capai 2.673 Orang

Ilustrasi. (*)

LUBUK BASUNG – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP-Naker) Kabupaten Agam mencatat sebanyak 2.673 pencari kerja (Pencaker) pada 2019.

Kabid Penempatan dan Pengembangan Kesempatan Kerja DPMPTSP-Naker Agam, Yurnawati, Selasa (14/1) menjelaskan, dari jumlah pencaker tersebut, 1.857 orang diantaranya telah ada penempatan atau mendapatkan pekerjaan sesuai laporan pencaker itu sendiri.

“Sedangkan 816 pencaker belum ada laporan, apakah sudah mendapatkan pekerjaan atau belum,” katanya.

Pencaker yang sudah ada penempatan, rata-rata bekerja di berbagai perusahaan, baik di Agam, Sumbar, luar Sumbar bahkan sampai ke Malaysia. Pencaker tahun lalu merupakan tamatan SD hingga sarjana.

“Dalam hal ini kita menyurati dan berkoordinasi dengan pihak perusahaan baik di Agam maupun Sumbar dan Pekerja Mitra Indonesia (PMI) di Malaysia, supaya pencaker mudah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan,” katanya.

Untuk itu, DPMPTSP-Naker Agam harus mengantongi nama-nama perusahaan di Sumbar, berikut dengan nomor telfon yang dapat dihubungi.

Ini pola yang kita terapkan untuk membantu pencaker dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan, di samping memfasilitasi administrasi.

Bahkan DPMPTSP-Naker berkomitmen untuk terus meminimalisir angka pengangguran di daerah itu, sesuai apa yang diharapkan Bupati H. Indra Catri. (mursyidi)