Walikota Payakumbuh Rapat Bahas Dokumentasi Capaian Kegiatan

Payakumbuh – Walikota Payakumbuh Rida Ananda menggelar rapat bersama seluruh jajaran. Rapat itu dibuka Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi, turut dihadiri Asisten III Ifon Satria Chan, Staf Ahli Walikota Elfriza Zaharman, Kepala OPD serta seluruh camat di Kota Payakumbuh, yang berlangsung di Aula Pertemuan Randang Lantai II balaikota, Rabu (23/11).

Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi, pada kesempatan itu, mengatakan, perlunya menginvertarisir dan mendokumentasikan setiap kegiatan terutama kegiatan dan pencapaian selama kepemimpinan Penjabat Walikota Payakumbuh Rida Ananda. “Laporan ini akan disampaikan dan di upload juga melalui google form dan waktu yang terbatas sesuai dengan pemberitahuan panitera dan tim Panel di Kementerian Dalam Negeri. Namun secara garis besar laporan ini kita input dengan batasan waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.

Menurutnya, laporan ini menjadi sebuah indikator keberhasilan dan sejauh mana capaian kinerja oleh Penjabat Kepala Daerah. Hasil dari evaluasi tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dan disampaikan oleh Inspektorat Jenderal kepada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

“Terkait pelayanan masyarakat dalam penyampaiannya, pak Wako Rida Ananda telah meminta kepada OPD untuk menyediakan layanan laporan atau pengaduan masyarakat terkait segala aspek. Baik hal positif maupun saran dan kritikan, melalui sebuah layanan online. Jadi dengan adanya layanan ini, kita bisa menampung semua laporan masyarakat melalui aplikasi yang sudah di siapkan, misalnya di hari yang sudah ditetapkan, masyarakat bisa menyampaikan secara langsung kepada Wali Kota ataupun dinas terkait,” tambahnya.

Sementara itu, Wako Payakumbuh Rida Ananda, meminta kepada setiap OPD, camat hingga ke kelurahan untuk menciptakan prestasi dan inovasi yang bermanfaat langsung untuk masyarakat. Seperti gerakan seribu sehari yang di himpun untuk penangan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting dan inflasi.

“Terkait musibah Gempa Cianjur, Pemko Payakumbuh berencana memberikan bantuan berupa randang kemasan dan tidak dalam bentuk uang. Dimana seluruh OPD diminta untuk berpartisipasi menyumbangkan Rendang dimaksud. Kita berharap rendang yang disumbangkan oleh OPD jumlahnya lebih proporsional, seimbang dan yang disukai oleh kebanyakan orang pada umumnya,” ucapnya. 207