15 Kg Ganja Dimusnahkan Kejari Pariaman

PARIAMAN – Kejari Kota Pariaman memusnahkan sekitar 15 kilogram ganja dari 16 perkara dan 37,6 gram sabu dari 40 perkara penyalahgunaan narkotika sepanjang 2022 yang sudah inkrah atau kekuatan hukum tetap.

“Pemusnahan ini merupakan yang kedua dalam tahun ini, pemusnahan pertama dilaksanakan pada Maret,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman Anton Arifullah saat pemusnahan barang bukti, Senin (21/11).

Ia mengatakan pemusnahan tersebut bersamaan dengan pemusnahan barang bukti perkara lainnya dengan total keseluruhan termasuk kasus narkoba sebanyak 98 perkara.

Pemusnahan sabu dilakukan dengan mencampurkan barang haram itu dengan air dan diblender serta dibuang ke selokan sedangkan ganja dan sejumlah barang bukti lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar dan dipotong.

Ia menyampaikan penyalahgunaan narkoba merupakan kasus yang mendominasi yang ditangani oleh Kejari Pariaman dari kasus lainnya di antaranya judi, pencurian, dan asusila.

Sejauh ini, lanjutnya pihaknya bersama pemangku berkepentingan di daerah itu meningkat sosialisasi bahaya penggunaan narkoba kepada masyarakat serta merancang program rehabilitasi bagi pengguna narkoba.

“Kami tingkatkan lagi bahaya menggunakan narkoba kepada masyarakat agar masyarakat paham,” katanya.