129 Siswa MTsN 12 Tanah Datar Ikuti Wisuda Tahfidz

Kepala MTsN 12 Ikhwindri, serahkan tropi dan piagam pada hafizh. (ist)

Batusangkar – Sebanyak 129 siswa MTsN 12 Tanah Datar mengikuti wisuda tahfidz di halaman madrasahnya pada Nagari Pitalah.

Kepala MTsN 12 Ikhwindri, Kamis, (25/5) mengatakan wisuda tahfizh ini telah memasuki tahun ke-3 dari 1-6 juz.

Dijelaskannya, rincian dari sebanyak 129 siswa, yakno t54 orang wisuda 1 juz, 50 wisuda 2 juz, 16 wisuda 3 juz, 4 wisuda 4 juz, 3 wisuda 5 juz dan 2 wisuda 6 juz. Prosesi wisuda tahfidz yang dipandu Ustadz Zaid Alfarisi.

Diutarakannya, saat pelaksanaan terasa menguras emosi tamu ikut menyaksikan, terlebih disaat peserta didik memakaikan mahkota pada orang tuanya masing-masing.

“Sesi pemakaian mahkota ini merupakan simbolisme imbalan Allah, SWT. di akhirat nanti, yaitu anak menghafal Alquran akan memakaikan mahkota cahaya pada kedua orang tua, dan menyelamatkan mereka dari panasnya api neraka. Juga sebagai tanda kemuliaan serta keistimewaan bagi penghafal Alquran berjalan khidmat,” jelas Ikhwindri.

Saat itu juga dilakukan pelepasan dan perpisahan siswa-siswi Kelas IX ini, MTsN 12 Tanah Datar melepas 169 siswa.

Adanya penampilan vokal grup, tari pasambahan, tari piriang dan tari indang persembahan dari para siswa menambah kemeriahan suasana.

Selain itu, lantunan mars, hymne madrasah dan senandung hafizh turut mengiringi kesyahduan kegiatan ini. Saat itu, Ketua Pelaksana Abel Tasman mengucapkan selamat datang dan terimakasih pada tamu dan undangan.

Ikhwindri menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting bagi semua pihak, baik siswa, orang tua maupun madrasah dan instansi – instansi terkait akan mempererat hubungan antara orang tua dengan guru, serta orang tua dengan pihak madrasah, termasuk pada saat siswa sudah berubah sebutan sebagai alumni.

Sekcam Baharuddin, juga menyampaikan hal yang sama. Ia menambah motivasi bagi siswa, guru dan madrasah, agar MTsN 12 Tanah Datar tetap menjadi garda terdepan, baik dibidang akademik maupun non akademik.

Semnetara, Kakankemenag H. Amril menyatakan apresiasi pada anak wisuda tahfizh dan berpesan pada siswa kelas IX agar meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kompetensi dan cita citanya. (ydi)

 

Dapatkan Update Berita Terbaru dari Topsatu.com di Google News