Agam, Ragam  

1000 Perantau Nagari Paninjauan Tanjung Raya Pulang Basamo

AGAM – Perantuan asal Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam akan Pulang Basamo pada lebaran Idul Fitri 1440 H. Diperkirakan 1000 perantau yang tersebar di Nusantara akan berkumpul di kampuang halaman dengan agenda utama Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Nagari Paninjauan I (Mubes IKNP I).

Berdasarkan informasi yang sudah masuk ke panitia Mubes, sudah ada perantau hari ini (Jumat) bergerak menuju kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, bus umum dan transportasi udara.

Mulai Minggu (2/6), panitia sudah standby di SDN 11 Paninjauan mendata nama, jumlah yang pulang serta rantau asal. Hal itu dilakukan untuk mengakibatkan data berapa sesungguhnya perantau yang menyempatkan diri pulang ke kampung.

Demikian disampaikan Ketua Pelaksanaan Perantau Nagari Paninjauan Pulang Basamo kepada Singgalang,Jumat (31/5) malam.

“Perantau Nagari Paninjauan dengan agenda pulang Basamo itu berasal dari keempat jorong yang ada di Nagari Paninjauan, yaitu Jorong Paninjauan, Jorong Cicawan, Jorong Pauah dan Jorong Data Simpang Dingin.

Penyambutan perantau pulang Basamo dilaksanakan di lapangan pasar nagari Paninjauan dengan melibatkan 22 kelompok Dasawisma yang ada di Nagari Paninjauan, serta semua unsur masyarakat lainnya,”ungkap Edison Katik Basa. (Maswir/510).